Friday, April 6, 2018

Perbedaan in time dan on time

in time or on time?
Pelajaran bahasa Inggris bisa sangat frustrating, walaupun ga semua orang mengalaminya. Dalam bahasa Inggris sering kita menemukan kata atau frase yang hampir sama namun memiliki arti yang jauh. Walaupun masih terdengar mirip tapi jika diartika akan berbeda makna dan penggunaannya.
Kali ini saya bahas yang ringan saja yaitu, apa sih perbedaan dan penggunaan frase in time dan on time?
Sering banget kan denger frase itu?
Artinya sama ga sih?
Kita pake on time ato in time kalo ngomong?

Yuk kita bahas...
ON TIME
On time jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya tepat waktu. Tepat waktu di sini dalam artian tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah disepakati. contohnya, kita janjian sama temen jam 9 pagi. nah, kita datang jam 9 pas, maka bisa dikatakan on time.
Contoh percakapannya
Lilis : Dea, English class tomorrow will start at 8 o'clock. make sure that you will come on time.
        (Dea, besok kelas Bahasa Inggris akan dimulai jam 8 pas, pastikan kamu datang tepat waktu!)
Dea : OK, i'll be there on time.
         (Oke, saya akan hadir tepat waktu)
paham yah?

IN TIME
In time diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu pada waktunya. Waktu yang dimaksud memang belum jelas dan belum disepakati namun ketika kita memakai ini, maka kita bisa mengartikan nya nanti pada waktunya akan kejadian juga.
Contoh situasinya begini, kita akan bahagia pada waktunya (in time), tidak kesepakatan waktu untuk merasa bahagia pada kalimat itu, namun nanti juga akan bahagia. Begitu penjelasannya.
contoh percakapannya:

Udin      : When do you think of having a new house?
               (Kapan kamu berpikir memiliki sebuah rumah?)
Dahlan   : I don't know. my money is not enough. but i am sure, I will have my own house in time.
               (Saya tidak tahu. Uang saya tidak cukup. tapi saya yakin saya akan memiliki rumah saya sendiri pada waktunya)

sudah paham kan? 
kesimpulanya on time itu tepat waktu, sedangkan in time pada waktunya.

Semoga bermanfaat. Silahkan isi kolom komentar jika ada pertanyaan.

0 komentar:

Post a Comment