Tuesday, March 7, 2017

pengertian descriptive text dan contohnya

Kita bahas yang beda ya? Kali ini kita bahas tentang salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris. Kenapa saya bahas, karena baru-baru ini, di kelas, saya bahas materi ini. Terutama untuk kelas VII (Tujuh) semoga bermanfaat. Yuk, check this out!




Ada beberapa Jenis-jenis teks / kinds of text, salah satunya adalah descriptive text.

Apa itu? Apa ciri nya?

When we want to describe something, someone or a place, we use this kind of text, descriptive text. Ketika kita ingin menggambarkan sesuatu, sesorang, atau bahkan suatu tempat, maka kita gunakan teks deskriptif. Jadi, deskriptif teks adalah teks yang di dalamnya menggambar suatu hal, bisa tempat, orang ataupun benda.

A descriptive text has two main parts, sebuah deskriptif teks memiliki dua bagian utama, yaitu:
  • Identification, dan
  • Description

Bagian-bagian teks tersebut di atas biasa disebut dengan generic structure of the text.

Look at the example below!

          I want to tell you about my classroom. (identification)
         My classroom is next to the school library. It is a big and clean classroom. It has two whiteboard in front. There are two brown doors and six windows. The walls are green and there are some pictures on them. There are twenty chairs and twenty tables.   (description)

Identification

Bagian ini mengidentifikasi hal yang akan di gambarkan atau dijelaskan dalam sebuah teks. Bagian identification ini pula biasanya dapat menjawab pertanyaan seperti berikut:
          Apa topik teks tersebut?
          Teks tersebut berisi tentang apa?

Jadi, identification itu jelas pembuka teks, teks tersebut mau menjelaskan apa, topiknya apa, sudah bisa dijawab dibagian identification. Kalau di lihat dari contoh di atas, topic yang dibicarakan adalah tentang classroom. Paragraf pertama merupakan identification.

Description

Bagian description adalah bagian dimana dia menjelaskan atau menggambarkan sesuatu tersebut, entah itu bagian-bagiannya, karakteristiknya, ciri-cirinya, atau bahkan kualitasnya (quality), warnanya (colour), ukuranya (size), dan lain-lain.
Pada contoh di atas, paragraf kedua merupakan bagian description. Dibagian itu juga dijelaskan bagaimana bentuk kelasnya, warna dindingnya bahkan ukurannya.

Language focus

Pada sebuah descriptive text, biasanya ada ciri-ciri yang bisa kita kenali, baca descriptive text baik-baik, maka kalian akan menemukan:

  •           Nouns (kata benda)

          Kata ini biasa kita temukan pada (1) topic pembicaraannya, contohnya: classroom, dan (2) bagian-bagian dari kelas tersebut, seperti: table, chairs, pictures, walls, whiteboard, dan windows.
         
  •           Adjectives (kata sifat)

          Kata tersebut digunakan untuk menjelaskan benda-benda yang diterangkan, ciri-cirinya ataupun karakteristiknya. Karakteristik tersebut bisa saja ukuran/ size (big), warna/ colour (brown, white), atau kualitasnya /quality (clean). Pada contoh di atas, kata big dan clean menggambarkan kelas (the classroom). Sedangkan kata brown menggambarkan pintunya (the door).

  •           Noun phrase (frase benda)

         Noun phrase adalah gabungan kata, dari kata sifat dan kata benda. Contohnya a big and clean classroom, brown doors.  

  •           Verb (kata kerja)

          Kata kerja yang biasa digunaka dalam descriptive text adalah “have” (have, has) dan juga kata bantu to be (are, am, is). Tenses yang biasa dipakai adalah simple present tense.


Sekarang udah tahu kan? semoga bermanfaat. happy studying!

0 komentar:

Post a Comment