Monday, April 10, 2017

Pengertian dan Penggunaan Countable dan Uncountable Nouns

Artikel sebelumnya membahas mengenai bentuk Plural (jamak)  untuk kata benda. Artikel ini sebenarnya kelanjutan dari artikel tersebut.

Kali ini mengupas tentang countable nouns (kata benda bisa dihitung) dan uncountable nouns ( kata benda tidak bisa dihitung). Jelas keduanya berbeda, mengingat penggunaannya pun terkadang membingungkan. Tapi kita akan bahas apa perbedaan dan kegunaannya, juga bentuknya.

Dalam bahasa Inggris, kata benda ada dua jenis: countable dan uncountable nouns. Countable nouns (bisa dihitung) memiliki dua bentuk, yaitu bentuk singular (tunggal) dan plural (jamak). Sedangkan uncountable noun hanya memiliki satu bentuk saja, uncountable tidak memiliki bentuk jamak.

Countable nouns

Countable nouns adalah kata benda yang bisa dihitung. Nouns ini memiliki dua bentuk, singular dan plural. Untuk singular sendiri, kata benda ini sering ditambahkan a, an, atau one di depan kata benda terssebut untuk menujukkan tunggal. Sedangkan bentuk plural untuk kata benda bisa ditambahkan number(jumlah) di depan kata benda. Bentuk dan aturanya sendiri sudah dibahas di artikel sebelumnya. Kata benda yang memiliki jumlah pasti bisa dikategorikan sebagai countable nouns.

Contoh countable nouns:

            A book             three books
            An orange      four oranges
            One student   twenty students.
            A Chair            eleven chairs
            One tomato    six tomatoes
            A pencil          ten pencils

Uncountable nouns

Uncountable nouns adalah kata benda yang tidak bisa dihitung. Biasanya kita mengenal benda tersebut yang tidak bisa diukur atau terpisah-pisah. Uncountable nouns tidak memiliki bentuk jamak, jadi walaupun jumlah banyak, tetap bentuknya satu/ dianggap singular.  Contohnya water (air). Air termasuk uncountable nouns, karena tidak bisa dihitung, walaupun jumlahnya banyak, tetap saja bentuknya tidak bisa dijadikan jamak. Bentuknya tetap singular dan tetap dianggap singular walaupun jumlahnya banyak. Contohnya setetes air di sebut water (salah: a water), airnya banyak selautan tetap water (salah: waters).

Contoh uncountable nous diantaranya adalah  water, sugar, rice, salt, juice, cake, bread, wood, oil, blood, milk, information, money.

Penggunaan there is dan there are

Countable nouns menggunakan there is ataupun there are tergantung bentuk nouns nya. There is untuk singular, sedangkan there are untuk plural.

Contohnya:

            There is a pencil on the table.
            There are twenty pencils on the table.
            There is a man in the room.
            There two people in the room.

Uncountable nouns mengunakan bentuk singular there is, walaupun jumlah sangat banyak.
Contoh:          
            There is water in the ocean.
            There is blood in our body.
Catatan: There are two glasses of water.
There are di atas bukan menunjukkan jamak kepada water, tetapi menunjukkan jamak untuk gelas (two glasses). Contoh yang lain two loaves of bread.      

Penggunaan some dan any

Some dan any bisa dipakai di depan countable nouns dan uncountable nouns. Namun some biasa muncul di kalimat pernyataan. Sedangkan any hanya digunakan pada kalimat negative dan pertanyaan.

Contoh:

            There is some water in the glass.
            I want some apples.
            There are some books on my table.
             I don’t have any money.
            There is not any oil left in the kitchen.
            Are there any students in the class?
            Do you want any ice cream?
            Do have any information?


Semoga bermanfaat. Selamat belajar. Terima kasih
Jika ada pertnayaan atau tambahan silahkan isi di kolom komentar.


           



0 komentar:

Post a Comment