Minggu ini saya dapat kiriman ini dari operator di sekolah saya. Saya pikir ini penting untuk persiapan materi, terutama untuk kelas IX, judulnya aja udah jelas buat Ujian Nasional, jadi ya, ini untuk kelas IX.
Ujian Nasional tinggal sebentar lagi dan siswa kelas kelas IX pasti sudah mulai mempersiapkan. jadi, berikut saya bagi kisi-kisi UN SMP 2016/2017.
KISI – KISI UN
SMP/MTs 2016/2017
1. 1. Bahasa
Indonesia
Level
Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||||
Membaca nonsastra
|
Membaca sastra
|
Menulis
Terbatas
|
Menyunting kata, kalimat,
paragraf
|
Menyunting
Ejaan
dan Tanda Baca
|
|
Pengetahuan dan
pemahaman
Mengidentifikasi
Menentukan
Memaknai
|
Siswa dapat
- menentukan makna
kata/kalimat pada
teks- menentukan informasi
tersurat teks
- menentukan bagian
teks
|
Siswa dapat
- menentukan makna
kata dalam cerpen
dan fabel
- menentukan makna
tersurat dalam
cerpen dan fabel
- menentukan bagian
cerpen
dan fabel
|
Siswa dapat
melengkapi
istilah/kata
dalam
kalim
|
Siswa dapat
- menunjukkan kata
yang tidak sesuai
kaidah
- menunjukkan
kalimat
yang tidak sesuai
kaidah
|
Siswa dapat
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan ejaan
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan tanda
baca
|
Aplikasi
Menyimpulkan
Menggunakan
konsep/prinsip
|
Siswa dapat
- menentukan ide
pokok
teks
- menyimpulkan isi
teks- menyimpulkan
pendapat pro/kontra
dalam teks
-
meringkas isi teks
|
Siswa dapat
- menyimpulkan
makna simbol dalam
cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi
tersirat dalam
cerpen/fabel
- menyimpulkan
sebab/akibat
konflik
|
Siswa dapat
- menyusun urutan
kalimat berbagai
jenis teks
- melengkapi
paragr- melengkapi bagianteks (eksposisi,
deskripsi,
ulasan, dalain-lain)
|
Siswa dapat
- menggunakan kata
bentukan (mengisi
kata sesuai kaidah
bentukan kata)
- mengisi konjungsi
dalam
kalimat
|
Siswa dapat
- menggunakan
ejaan
- menggunaan tanda
baca
|
Penalaran
Mengevaluasi
Membandingkan
pola
(menganalisis)
Menanggapi
Memvariasikan
|
Siswa dapat
- membandingkan
penggunaan bahasa
dan pola penyajian
beberapa jenis teks
menilai keunggulan/
kelemahan teks
-
mengomentari isi teks
|
Siswa dapat
- membandingkan
pola pengembangan
cerpen dan fabel
- membandingkan
penggunaan bahasa
cerpen/fabel
menunjukkan bukti
latar dan watak
mengomentari unsur
intrinsik
karya sastra
|
Siswa dapat
- memvariasikan
kata
- memvariasikan
kalimat
- menulis dengan
lustrasi tertentu
- mengubah teks ke
bentuk
lain
|
Siswa dapat
- memperbaiki
kesalahan
penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan
paragraf
menentukan alasan
kesalahan
penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan
paragraf
|
Siswa dapat
- memperbaiki
kesalahan
penggunaan ejaan
- memperbaiki
kesalahan tanda baca dan penggunaan tanda
baca
- menentukan alasan
kesalahan
penggunaan ejaan
|
2. 2. Bahasa
Inggris
Level Kognitif
|
Lingkup materi
|
||
Fungsi sosial
|
Struktur teks
|
Unsur kebahasaan
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
|
Siswa dapat
mengidentifikasi aspekaspek
fungsi
sosial:
- topik/isu/masalah
-
tujuan/fungsi/pesan
- latar
belakang/alasan
-
akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang
diusung
- peran dan fungsi
pembicara/penulis
- peran dan fungsi
pendengar/pembaca
- konteks
penggunaan (a.l. tempat,
waktu, situasi,
dsb)
|
Siswa dapat
mengidentifikasi
keterkaitan makna
antar bagian-bagian
dalam teks:
-
pandangan/maksud/pendapat yang
menjadi ide utama
- rincian
argumentasi, rincian langkahlangkah,
rincian peristiwa,
rincian
deskripsi, rincian
unsur-unsur teks
- plot, alur
pikiran
- referensi makna
|
Siswa dapat
mengidentifikasi unsur
kebahasaan yang
terkait dengan isi
teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel,
demonstrative, possessive
pronoun
- agreement dan
number
- tense
- passive voice
- referensi
gramatika
- kata sambung
- preposisi
|
Aplikasi
Membandingkan
Mengklasifikasi
Menjelaskan
|
Siswa dapat
membandingkan
mengklasifikasi,
menjelaskan aspekaspek
fungsi
sosial:
- topik/isu/masalah
-
tujuan/fungsi/pesan
- latar
belakang/alasan
-
akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang
diusung
- peran dan fungsi
pembicara/penulis
- peran dan fungsi
pendengar/pembaca
- konteks
penggunaan (a.l. tempat,
waktu, situasi,
dsb)
|
Siswa dapat
membandingkan.
mengklasifikasi,
menjelaskan
keterkaitan makna
antar bagian-bagian
dalam teks:
- pandangan,
maksud, pendapat yang
menjadi ide utama
- rincian
argumentasi, rincian langkahlangkah,
rincian peristiwa,
rincian
deskripsi
- plot, alur pikiran
- referensi makna
|
Siswa dapat
membandingkan,
mengidentifikasi,
menjelaskan unsur
kebahasaan yang
terkait dengan isi
teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative,
possessive
pronoun
- agreement
dan number
- tense
- passive voice
- referensi
gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat
conditional
-
konstruksi derivative
|
Penalaran
Menyimpulkan
Merinci
perbedaan/
persamaan
Menganalisis
|
Siswa dapat menyimpulkan,
merinci
perbedaan/persamaan,
menganalisis aspek-aspek fungsi
sosial:
- topik/isu/masalah
-
tujuan/fungsi/pesan
- latar
belakang/alasan
-
akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang
diusung
- peran dan fungsi
pembicara/penulis
- peran dan fungsi
pendengar/pembaca
- konteks
penggunaan (a.l. tempat,
waktu, situasi,
dsb)
|
Siswa dapat menyimpulkan,
merinci
perbedaan/persamaan
keterkaitan
makna antar
bagian-bagian dalam teks:
- pandangan,
maksud, pendapat yang
menjadi ide utama
- rincian
argumentasi, rincian langkahlangkah,
rincian peristiwa,
rincian
deskripsi
- plot, alur
pikiran
- referensi makna
|
Siswa dapat membandingkan,
mengidentifikasi, menjelaskan
unsur kebahasaan
yang terkait
dengan isi teks
berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel,
demonstrative, possessive
pronoun
- agreement dan
number
- tense
- passive voice
- referensi
gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat
conditional
- konstruksi
derivative
-
kalimat, frasa, ungkapan simpulan
|
Keterangan:
Jenis teks-teks lisan dan tertulis untuk
cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:
1) Interaksi transaksional/interpersonal
tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan)
2) Fungsional pendek (a.l. announcement,
notice, label)
3) Descriptive, recount, narrative,
procedure, report
3. 3. Matematika
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||
Bilangan
|
Aljabar
|
Geometri Dan Pengukura
|
Statistika Dan Peluang
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mendeskripsikan
Membuat tabulasi
Menghitung
Memprediksi
Menentukan
Mengklasifikasi
|
Siswa dapat
memahami
pengetahuan
tentang:
- operasi bilangan
bulat
- operasi bilangan
pecahan
- perbandingan
- operasi bilangan
berpangkat
- bilangan bentuk
akar
- pola barisan
bilangan
-
barisan dan deret
|
Siswa dapat
memahami
pengetahuan
tentang:
- bentuk aljabar
- persamaan dan
pertidaksamaan
linier satu
variabel
- himpunan
- relasi atau
fungsi
- persamaan garis
lurus
- sistem persamaan
linier dua
variabel
|
Siswa dapat
memahami
pengetahuan
tentang:
- garis dan sudut
- segiempat dan
segitiga
- teorema
pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang sisi
datar
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
|
Siswa dapat
memahami
pengetahuan
tentang:
- menyajikan dan
mendeskripsikan
data
dalam bentuk tabel,
diagram batang,
garis atau
lingkaran
- ukuran pemusatan
data
-
peluang
|
Aplikasi
Mengkonstruksi
Menyelesaikan
masalah
|
Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan
tentang:
- operasi bilangan
bulat
- operasi bilangan
pecahan
- perbandingan
- aritmatika sosial
- pola barisan
bilangan
-
barisan dan deret
|
Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan
tentang:
- persamaan dan
pertidaksamaan
linier satu
variabel
- himpunan
- relasi atau
fungsi
- persamaan garis
lurus
- sistem persamaan
linier dua
variabel
|
Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan
tentang:
- segitiga dan
segiempat
- teorema
Pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang
- kesebangunan dan
kekongruenan
segitiga
- bangun ruang sisi
lengkung
|
Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan
tentang:
- penyajian data
dalam
bentuk tabel,
diagram
batang, garis atau
lingkaran
- ukuran pemusatan
data
-
peluang
|
Penalaran
Menafsirkan
Menyimpulkan
Menginterpretasi
|
Siswa dapat
menggunakan
nalar yang
berkaitan dengan:
- bilangan bulat
- bilangan pecahan
- perbandingan
- pola barisan
bilangan
- barisan dan deret
-
bilangan berpangkat
|
Siswa dapat
menggunakan
nalar
yang berkaitan dengan:
- bentuk aljabar
- persamaan linear
satu
variabel
- himpunan
- relasi atau
fungsi
- persamaan garis
lurus
- sistem persamaan
linear dua
variabel
|
Siswa dapat
menggunakan
nalar yang
berkaitan dengan:
- segitiga dan
segiempat
- lingkaran
- bangun ruang sisi
datar
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
|
Siswa dapat
menggunakan
nalar yang
berkaitan dengan:
- penyajian data
dalam
bentuk tabel,
diagram
batang, garis atau
lingkaran
- pemusatan data
- peluang
|
4. 4. IPA
4.1
BIOLOGI
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|
Makhluk hidup dan Lingkungannya
|
Struktur dan fungsi makhluk
hidup
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Mendeskripsikan
Mengklasifikasi
Menunjukkan
Menjelaskan
Menentukan
|
Siswa dapat
memahami dan menguasai konsep:
- gejala alam
biotik dan abiotik
- ciri-ciri/karakteristik
makhluk hidup
- keragaman pada
sistem organisasi kehidupan
- interaksi antara
makhluk hidup dan lingkungan
|
Siswa dapat
memahami dan menguasai konsep:
- sistem gerak
manusia
- sistem pencernaan
manusia
- sistem peredaran
darah manusia
- sistem pernapasan
manusia
- sistem ekskresi
manusia
- sistem reproduksi
manusia
- jaringan tumbuhan
- kelangsungan
hidup organisme melalui kemampuan
bereproduksi
- pewarisan sifat
-
bioteknologi
|
Aplikasi
Memberi contoh
Menyimpulkan
Menerapkan
Menghubungkan
Memprediksi
Membandingkan
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- fenomena
interaksi antara makhluk hidup dan
lingkungan tertentu
- kepadatan
populasi manusia
- pencemaran
lingkungan
-
prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
|
Siswa dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman
tentang:
- faktor-faktor
yang berpengaruh pada kesehatan sistem gerak
manusia
- mekanisme sistem
pencernaan manusia dan uji makanan
- mekanisme
peredaran darah manusia
- mekanisme
pernapasan manusia
- menjaga kesehatan
sistem ekskresi manusia
- kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi manusia
- percobaan
fotosintesis
- kelangsungan
hidup organisme melalui kemampuan
bereproduksi
-
pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup
-
penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia
|
Penalaran
Menganalisis
Mensintesis
Mengevaluasi
Menilai
Mempertimbangkan
Menyelesaikan
masalah
Memberi argumen
|
Siswa dapat
menggunakan nalar dalam mengkaji:
- pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi
pencemaran dan
kerusakan lingkungan
- dampak interaksi
makhluk hidup dengan
lingkungannya
- pengaruh
kepadatan populasi manusia pada
makhluk
hidup dan lingkungannya
|
Siswa dapat
menggunakan nalar dalam mengkaji:
- keterkaitan
antara sistem organ pada manusia
- percobaan
fotosintesis
- pewarisan sifat
makhluk hidup untuk meningkatkan
kesejahteraan
manusia
|
4.2.
FISIKA-KIMIA
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Pengukuran, zat dan sifatnya
|
Mekanika dan Tata Surya
|
Gelombang, Listrik dan magnet
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Menyebutkan
Menunjukkan
Membedakan
Mengelompokkan Menjelaskan
|
Siswa dapat
memahami tentang:
- pengukuran
- besaran dan
satuan
- konsep zat dan
wujudnya
- zat dan perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan
psikotropika
- partikel zat
- campuran
-
larutan
|
Siswa dapat
memahami tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
-
tata surya
|
Siswa dapat
memahami tentang:
- getaran dan
gelombang
- bunyi
- optik
-
listrik dan magnet
|
Aplikasi
Mengklasifikasi
Menginterpretasi
Menghitung
Mendeskripsikan
Memprediksi
Mengurutkan
Membandingkan
Menerapkan
Memodifikasi
|
Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan
tentang:
- pengukuran
- konsep zat dan
wujudnya
- zat dan perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan
psikotropika
- partikel zat
- campuran
-
larutan
|
Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan
tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
-
tata surya
|
Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan
tentang:
- getaran dan
gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan
magnet
|
Penalaran
Menemukan
Menyimpulkan
Menggabungkan
Menganalisis
Menyelesaikan
masalah
Merumuskan
|
Siswa dapat
bernalar tentang:
- pengukuran
- konsep zat dan
wujudnya
- zat dan perubahannya
- zat aditif, zat adiktif, dan
psikotropika
- partikel zat
- campuran
-
larutan
|
Siswa dapat
bernalar tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- tekanan
- suhu dan kalor
|
Siswa dapat
bernalar tentang:
- getaran dan
gelombang
- bunyi
- optik
-
listrik dan magnet
|
0 komentar:
Post a Comment