Friday, February 3, 2017

KISI-KISI UN SMP/MTs 2016/2017




Minggu ini saya dapat kiriman ini dari operator di sekolah saya. Saya pikir ini penting untuk persiapan materi, terutama untuk kelas IX, judulnya aja udah jelas buat Ujian Nasional, jadi ya, ini untuk kelas IX.
Ujian Nasional tinggal sebentar lagi dan siswa kelas kelas IX pasti sudah mulai mempersiapkan. jadi, berikut saya bagi kisi-kisi UN SMP 2016/2017.



KISI – KISI UN SMP/MTs 2016/2017

1.     1.  Bahasa Indonesia

Level Kognitif

Lingkup Materi
Membaca nonsastra
Membaca  sastra
Menulis Terbatas

Menyunting kata, kalimat, paragraf
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
Pengetahuan dan
pemahaman
 Mengidentifikasi
 Menentukan
 Memaknai
Siswa dapat
- menentukan makna
kata/kalimat pada teks- menentukan informasi
tersurat teks
- menentukan bagian
teks
Siswa dapat
- menentukan makna
kata dalam cerpen
dan fabel
- menentukan makna
tersurat dalam
cerpen dan fabel
- menentukan bagian
cerpen dan fabel
Siswa dapat
melengkapi istilah/kata
dalam kalim
Siswa dapat
- menunjukkan kata
yang tidak sesuai
kaidah
- menunjukkan kalimat
yang tidak sesuai
kaidah
Siswa dapat
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan ejaan
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan tanda
baca 
Aplikasi
 Menyimpulkan
 Menggunakan
konsep/prinsip
Siswa dapat
- menentukan ide pokok
teks
- menyimpulkan isi teks- menyimpulkan
pendapat pro/kontra
dalam teks
- meringkas isi teks
Siswa dapat
- menyimpulkan
makna simbol dalam
cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi
tersirat dalam
cerpen/fabel
- menyimpulkan
sebab/akibat konflik
Siswa dapat
- menyusun urutan
kalimat berbagai
jenis teks
- melengkapi paragr- melengkapi bagianteks (eksposisi,
deskripsi, ulasan, dalain-lain)
Siswa dapat
- menggunakan kata
bentukan (mengisi
kata sesuai kaidah
bentukan kata)
- mengisi konjungsi
dalam kalimat
Siswa dapat
- menggunakan 
ejaan
- menggunaan tanda
baca
Penalaran
 Mengevaluasi
 Membandingkan
pola
(menganalisis)
 Menanggapi
 Memvariasikan


Siswa dapat
- membandingkan
penggunaan bahasa
dan pola penyajian
beberapa jenis teks menilai keunggulan/
kelemahan teks
- mengomentari isi teks
Siswa dapat
- membandingkan
pola pengembangan
cerpen dan fabel
- membandingkan penggunaan bahasa
cerpen/fabel
menunjukkan bukti
latar dan watak
mengomentari unsur
intrinsik karya sastra
Siswa dapat
- memvariasikan kata
- memvariasikan
kalimat
- menulis dengan lustrasi tertentu
- mengubah teks ke
bentuk lain
Siswa dapat
- memperbaiki
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan paragraf
menentukan alasan
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan
paragraf
Siswa dapat
- memperbaiki
kesalahan
penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan tanda baca dan penggunaan tanda
baca
- menentukan alasan
kesalahan
penggunaan  ejaan


2.     2.  Bahasa Inggris

Level Kognitif
Lingkup materi
Fungsi sosial
Struktur teks
Unsur kebahasaan
Pengetahuan dan
Pemahaman
 Mengidentifikasi

Siswa dapat mengidentifikasi aspekaspek
fungsi

sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi
pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat,
waktu, situasi, dsb)

Siswa dapat mengidentifikasi
keterkaitan makna antar bagian-bagian
dalam teks:
- pandangan/maksud/pendapat yang
menjadi ide utama
- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah,

rincian peristiwa, rincian
deskripsi, rincian unsur-unsur teks
- plot, alur pikiran
- referensi makna

Siswa dapat mengidentifikasi unsur
kebahasaan yang terkait dengan isi
teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive
pronoun
- agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi

Aplikasi
 Membandingkan
 Mengklasifikasi
 Menjelaskan
Siswa dapat membandingkan
mengklasifikasi, menjelaskan aspekaspek
fungsi

sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi
pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat,
waktu, situasi, dsb)

Siswa dapat membandingkan.
mengklasifikasi, menjelaskan
keterkaitan makna antar bagian-bagian
dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang
menjadi ide utama
- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah,

rincian peristiwa, rincian
deskripsi
- plot, alur pikiran
- referensi makna

Siswa dapat membandingkan,
mengidentifikasi, menjelaskan unsur
kebahasaan yang terkait dengan isi
teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive
pronoun
- agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat conditional
- konstruksi derivative
Penalaran
 Menyimpulkan
 Merinci perbedaan/
persamaan
 Menganalisis
Siswa dapat menyimpulkan,
merinci perbedaan/persamaan,
menganalisis aspek-aspek fungsi
sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi
pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat,
waktu, situasi, dsb)


Siswa dapat menyimpulkan, merinci
perbedaan/persamaan keterkaitan
makna antar bagian-bagian dalam teks: 
- pandangan, maksud, pendapat yang
menjadi ide utama
- rincian argumentasi, rincian langkahlangkah,

rincian peristiwa, rincian
deskripsi
- plot, alur pikiran
- referensi makna

Siswa dapat membandingkan,
mengidentifikasi, menjelaskan
unsur kebahasaan yang terkait
dengan isi teks berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive
pronoun
- agreement dan number 
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat conditional
- konstruksi derivative
- kalimat, frasa, ungkapan simpulan
Keterangan:
Jenis teks-teks lisan dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:
1) Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan)
2) Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label)
3) Descriptive, recount, narrative, procedure, report

3.     3.  Matematika

Level Kognitif
Lingkup Materi
Bilangan
Aljabar
Geometri Dan Pengukura
Statistika Dan Peluang
Pengetahuan dan
Pemahaman
 Mendeskripsikan
 Membuat tabulasi
 Menghitung
 Memprediksi
 Menentukan
 Mengklasifikasi
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang:
- operasi bilangan bulat 
- operasi bilangan pecahan
- perbandingan
- operasi bilangan
berpangkat 
- bilangan bentuk akar
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang:
- bentuk aljabar
- persamaan dan
pertidaksamaan linier satu
variabel
- himpunan 
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linier dua
variabel
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang:
- garis dan sudut 
- segiempat dan segitiga
- teorema pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
Siswa dapat memahami
pengetahuan tentang:
- menyajikan dan
mendeskripsikan data
dalam bentuk tabel,
diagram batang, garis atau
lingkaran
- ukuran pemusatan data
- peluang
Aplikasi
 Mengkonstruksi
 Menyelesaikan
masalah

Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- operasi bilangan bulat
- operasi bilangan pecahan 
- perbandingan
- aritmatika sosial
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- persamaan dan
pertidaksamaan linier satu
variabel
- himpunan
- relasi atau fungsi 
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linier dua
variabel
Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- segitiga dan segiempat
- teorema Pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang
- kesebangunan dan
kekongruenan segitiga
- bangun ruang sisi
lengkung
Siswa dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- penyajian data dalam
bentuk tabel, diagram
batang, garis atau
lingkaran
- ukuran pemusatan data
- peluang
Penalaran
 Menafsirkan
 Menyimpulkan
 Menginterpretasi

Siswa dapat menggunakan
nalar yang berkaitan dengan:
- bilangan bulat
- bilangan pecahan
- perbandingan
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
- bilangan berpangkat
Siswa dapat menggunakan
nalar yang berkaitan dengan:
- bentuk aljabar
- persamaan linear satu
variabel
- himpunan 
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linear dua
variabel
Siswa dapat menggunakan
nalar yang berkaitan dengan:
- segitiga dan segiempat
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
Siswa dapat menggunakan
nalar yang berkaitan dengan:
- penyajian data dalam
bentuk tabel, diagram
batang, garis atau
lingkaran
- pemusatan data
- peluang


4.      4. IPA

4.1 BIOLOGI

Level Kognitif
Lingkup Materi
Makhluk hidup dan Lingkungannya
Struktur dan fungsi makhluk hidup
Pengetahuan dan
Pemahaman
Mengidentifikasi
Mendeskripsikan
Mengklasifikasi
Menunjukkan
Menjelaskan
Menentukan

Siswa dapat memahami dan menguasai konsep:
- gejala alam biotik dan abiotik
- ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup
- keragaman pada sistem organisasi kehidupan
- interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan

Siswa dapat memahami dan menguasai konsep:
- sistem gerak manusia
- sistem pencernaan manusia
- sistem peredaran darah manusia
- sistem pernapasan manusia
- sistem ekskresi manusia
- sistem reproduksi manusia
- jaringan tumbuhan
- kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan
bereproduksi
- pewarisan sifat
- bioteknologi
Aplikasi
 Memberi contoh
 Menyimpulkan
 Menerapkan
 Menghubungkan
 Memprediksi
 Membandingkan

Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang:
- fenomena interaksi antara makhluk hidup dan
lingkungan tertentu
- kepadatan populasi manusia
- pencemaran lingkungan
- prosedur pengklasifikasian makhluk hidup
Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman
tentang:
- faktor-faktor yang berpengaruh pada kesehatan sistem gerak
manusia
- mekanisme sistem pencernaan manusia dan uji makanan
- mekanisme peredaran darah manusia
- mekanisme pernapasan manusia
- menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia
- kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia
- percobaan fotosintesis
- kelangsungan hidup organisme melalui kemampuan
bereproduksi
- pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup
- penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia
Penalaran
 Menganalisis
 Mensintesis
 Mengevaluasi
 Menilai
 Mempertimbangkan
 Menyelesaikan masalah
 Memberi argumen
Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
- pengelolaan lingkungan untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan
- dampak interaksi makhluk hidup dengan
lingkungannya
- pengaruh kepadatan populasi manusia pada
makhluk hidup dan lingkungannya
Siswa dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:
- keterkaitan antara sistem organ pada manusia 
- percobaan fotosintesis
- pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan
kesejahteraan manusia 


4.2. FISIKA-KIMIA

Level Kognitif
Lingkup Materi
Pengukuran, zat dan sifatnya
Mekanika dan Tata Surya
Gelombang, Listrik dan magnet
Pengetahuan dan
Pemahaman
 Mengidentifikasi
 Menyebutkan
 Menunjukkan
 Membedakan
 Mengelompokkan Menjelaskan
Siswa dapat memahami tentang:
- pengukuran
- besaran dan satuan
- konsep zat dan wujudnya
-  zat dan perubahannya
-  zat aditif, zat adiktif, dan
psikotropika
-  partikel zat
-  campuran 
- larutan 
Siswa dapat memahami tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
- tata surya
Siswa dapat memahami tentang:
- getaran dan gelombang

- bunyi
- optik
- listrik dan magnet
Aplikasi
 Mengklasifikasi
 Menginterpretasi
 Menghitung
 Mendeskripsikan
 Memprediksi
 Mengurutkan
 Membandingkan
 Menerapkan
 Memodifikasi
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- pengukuran
- konsep zat dan wujudnya
-  zat dan perubahannya
-  zat aditif, zat adiktif, dan
psikotropika
-  partikel zat
-  campuran 
- larutan 
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- suhu dan kalor
- tekanan
- tata surya
Siswa dapat mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- getaran dan gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan magnet

Penalaran
 Menemukan
 Menyimpulkan
 Menggabungkan
 Menganalisis
 Menyelesaikan
masalah
 Merumuskan
Siswa dapat bernalar tentang:
- pengukuran
- konsep zat dan wujudnya
-  zat dan perubahannya
-  zat aditif, zat adiktif, dan
psikotropika
-  partikel zat
-  campuran 
- larutan
Siswa dapat bernalar tentang:
- gerak lurus
- hukum newton
- usaha dan energi
- pesawat sederhana
- tekanan
- suhu dan kalor

Siswa dapat bernalar tentang:
- getaran dan gelombang
- bunyi
- optik
- listrik dan magnet


0 komentar:

Post a Comment