Semangat
dalam belajar bahasa Inggris terkadang bisa menurun. Tidak bisa dipungkiri kita
mungkin bisa sampai pada saat yang menjenuhkan. Untuk itu, dalam belajar perlu
ada sesuatu untuk membuat semangat kembali atau mood booster. Mood booster itu
lah yang perlu kita cari agar kelas kembali dipenuhi oleh semangat dan
antusiasme belajar yang tinggi.
Kali
ini saya akan share, berdasarkan pengalaman, beberapa game yang saya gunakan di
kelas untuk membuat kelas jadi lebih aktif dan merangsang kreatifitas anak
dalam belajar bahasa Inggris.
Ping – pong game
Permainan
ini bisa diaplikasikan pada pelajaran apapun. Permainan ping-pong melatih
keterampilan konsentrasi dan pengetahuan kosa kata yang banyak.
Teknis
pelaksanaannya adalah seperti bermain ping-pong. Siswa saling bersautan
bergantian mengucapkan kosa kata dengan
kategori tertentu. Contohnya: kategori animals, fruits, vehicles, dan
lain-lain.
Dua
siswa berhadapan satu lain. Salah satu anak menyebutkan satu kata, siswa
lawannya menyebutkan kata yang lain dalam kategori yang sama. Terus bergantian.
Setiap siswa memiliki waktu 10 detik untuk menyebutkan kata. Yang tidak
menyabutkan atau menyabutkan kata yang sudah diucapkan dia kalah. Anggap saja
duel tentang kosa kata.
Guru
bisa menambahkan kategori yang beragam, supaya pengetahuan kosa kata siswa juga
berkembang.
Who I am?
Game
ini melatih siswa dalam menjelaskan sesuatu dalam bahasa Inggris. Salah satu
siswa berdiri di depan. Kemudian guru memberikan satu kata, dengan kategori
bebas. Siswa yang berdiri di depan menjelaskan atau menggambarkan kata yang
diberikan. Siswa yang lain menebak kata yang digambarkan oleh siswa di depan.
Teknis
yang lain juga bisa dilakukan. Seperti, siswa di depan memegang satu kata,
kemudian siswa yang lain melontarkan pertanyaan yang menjurus pada jawaban.
Siswa yang memegang kata hanya boleh menjawab; ya, tidak, atau mungkin/ bisa
jadi.
Permainan
ini bisa dikembangkan lagi dengan teknik yang lain kelas dibagi dua regu, salah
satu regu menebak kata yang dimiliki oleh grup yang lain.
How the story goes?
Permainan
ini mengasah keterampilan siswa untuk membuat sebuah kalimat. Mereka akan
diarahkan untuk membuat sebuah kalimat untuk melanjutkan sebuah cerita yang
dimulai sebelumnya. Selain itu, permainan ini membuat imajinasi para siswa
berkembang. Mereka bisa mengembangkan cerita sesuai dengan kreatifitas mereka
sendiri. Mereka bisa membuat cerita yang baru dengan kreasi mereka dengan
menggunakan bahasa Inggris.
Permainan
ini menekankan pada kemampuan siswa menyusun sebuah kalimat sederhana sesuai
dengan konteks cerita.
Pertama,
guru membuat sebuah orientasi cerita. Kemudian, guru meminta salah satu siswa
untuk melanjtkan cerita menurut versi, imajinasi dan kreasi mereka sendiri.
Kemudian dilanjtkan oleh siswa yang lain. Hal yang seru pada permainan ini
adalah adanya cerita baru menurut sudut pandang siswa yang berbeda-beda.
Spelling bee
Permainan
ini sangat terkenal dan sudah sering kita dengar,yaitu mengeja suatu kata dalam
bahasa Inggris. Sebenarnya, pelajaran bahasa Indonesia ataupun bahasa daerahpun
, seperti bahasa Sunda, bisa mengaplikasikan permainan ini.
Siswa
diminta mengeja suatu kata yang diberikan oleh guru. Agar lebih menarik, kelas
bisa dibagi beberapa kelompok kecil dengan 4-5 anggota per kelompok. setiap
kelompok diminta untuk mengeja satu kata dengan teknis setiap anggota kelompok
mengeja satu huruf satu per satu saling
bergantian. Jika benar mengeja, mereka dapat poin, tapi jika salah mereka tidak
dapt poin.
sekian
permainan yang sering saya gunakan di kelas. Jika ada permainan yang lain,
silahkan share di kolom komentar.
Selamat
mencoba. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
0 komentar:
Post a Comment