Wednesday, May 3, 2017

Permainan di Kelas Bahasa Inggris

Semangat dalam belajar bahasa Inggris terkadang bisa menurun. Tidak bisa dipungkiri kita mungkin bisa sampai pada saat yang menjenuhkan. Untuk itu, dalam belajar perlu ada sesuatu untuk membuat semangat kembali atau mood booster. Mood booster itu lah yang perlu kita cari agar kelas kembali dipenuhi oleh semangat dan antusiasme belajar yang tinggi.
Kali ini saya akan share, berdasarkan pengalaman, beberapa game yang saya gunakan di kelas untuk membuat kelas jadi lebih aktif dan merangsang kreatifitas anak dalam belajar bahasa Inggris.

Ping – pong game
Permainan ini bisa diaplikasikan pada pelajaran apapun. Permainan ping-pong melatih keterampilan konsentrasi dan pengetahuan kosa kata yang banyak.
Teknis pelaksanaannya adalah seperti bermain ping-pong. Siswa saling bersautan bergantian mengucapkan kosa  kata dengan kategori tertentu. Contohnya: kategori animals, fruits, vehicles, dan lain-lain.
Dua siswa berhadapan satu lain. Salah satu anak menyebutkan satu kata, siswa lawannya menyebutkan kata yang lain dalam kategori yang sama. Terus bergantian. Setiap siswa memiliki waktu 10 detik untuk menyebutkan kata. Yang tidak menyabutkan atau menyabutkan kata yang sudah diucapkan dia kalah. Anggap saja duel tentang kosa kata.
Guru bisa menambahkan kategori yang beragam, supaya pengetahuan kosa kata siswa juga berkembang.

Who I am?
Game ini melatih siswa dalam menjelaskan sesuatu dalam bahasa Inggris. Salah satu siswa berdiri di depan. Kemudian guru memberikan satu kata, dengan kategori bebas. Siswa yang berdiri di depan menjelaskan atau menggambarkan kata yang diberikan. Siswa yang lain menebak kata yang digambarkan oleh siswa di depan.
Teknis yang lain juga bisa dilakukan. Seperti, siswa di depan memegang satu kata, kemudian siswa yang lain melontarkan pertanyaan yang menjurus pada jawaban. Siswa yang memegang kata hanya boleh menjawab; ya, tidak, atau mungkin/ bisa jadi.
Permainan ini bisa dikembangkan lagi dengan teknik yang lain kelas dibagi dua regu, salah satu regu menebak kata yang dimiliki oleh grup yang lain.

How the story goes?
Permainan ini mengasah keterampilan siswa untuk membuat sebuah kalimat. Mereka akan diarahkan untuk membuat sebuah kalimat untuk melanjutkan sebuah cerita yang dimulai sebelumnya. Selain itu, permainan ini membuat imajinasi para siswa berkembang. Mereka bisa mengembangkan cerita sesuai dengan kreatifitas mereka sendiri. Mereka bisa membuat cerita yang baru dengan kreasi mereka dengan menggunakan bahasa Inggris.
Permainan ini menekankan pada kemampuan siswa menyusun sebuah kalimat sederhana sesuai dengan konteks cerita.
Pertama, guru membuat sebuah orientasi cerita. Kemudian, guru meminta salah satu siswa untuk melanjtkan cerita menurut versi, imajinasi dan kreasi mereka sendiri. Kemudian dilanjtkan oleh siswa yang lain. Hal yang seru pada permainan ini adalah adanya cerita baru menurut sudut pandang siswa yang berbeda-beda.

Spelling bee
Permainan ini sangat terkenal dan sudah sering kita dengar,yaitu mengeja suatu kata dalam bahasa Inggris. Sebenarnya, pelajaran bahasa Indonesia ataupun bahasa daerahpun , seperti bahasa Sunda, bisa mengaplikasikan permainan ini.
Siswa diminta mengeja suatu kata yang diberikan oleh guru. Agar lebih menarik, kelas bisa dibagi beberapa kelompok kecil dengan 4-5 anggota per kelompok. setiap kelompok diminta untuk mengeja satu kata dengan teknis setiap anggota kelompok mengeja satu huruf  satu per satu saling bergantian. Jika benar mengeja, mereka dapat poin, tapi jika salah mereka tidak dapt poin.

sekian permainan yang sering saya gunakan di kelas. Jika ada permainan yang lain, silahkan share di kolom komentar.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment